Pages

Jumat, 01 Maret 2013

LIDAH




Lidah berfungsi untuk membantu berbicara dan menelan makanan. Selain itu,ada yang lebih penting yaitu sebagai alat indra pengecap. Lidah dapat mengecap rasa karena memiliki kuncup pengecap (papilla). Pada bagian lidah tertentu, kuncup pengecap mempunyai kepekaan terhadap rasa tertentu. Berikut ini beberapa bagian lidah yang mempunyai kepekaan rasa:

a.       Bagian ujung lidah paling peka terhadap rasa manis
b.      Bagian tepi depan lidah (kiri dan kanan) paling peka terhadap asin
c.       Bagian tepi belakang lidah (kiri dan kanan ) paling peka terhadap rasa asam
d.      Bagian belakang lidah (pangkali)paling peka terhadap rasa pahit.Lidah mempunyai reseptor khusus yang berkaitan dengan rangsangan kimia. Lidah merupakan organ yang tersusun dari otot. Permukaan lidah dilapisi dengan lapisan epitelium yang banyak mengandung kelenjar lendir, dan reseptor pengecap berupa tunas pengecap (Papila). Tunas pengecap terdiri atas sekelompok sel sensori yang mempunyai tonjolan seperti rambut. Permukaan atas lidah penuh dengan tonjolan (papila). Tonjolan itu dapat dikelompokkan menjadi tiga macam bentuk, yaitu bentuk benang, bentuk dataran yang dikelilingi paritparit, dan bentuk jamur. Tunas pengecap terdapat pada paritparit papila bentuk dataran, di bagian samping dari papila berbentuk jamur, dan di permukaan papila berbentuk benang.
·         Papila  filiformis  (benang)    tedapat  diseluruh permukaan lidah
·         Papila  sirkumvalata    tersusun  dalam  lingkungan berbentuk V di pangkal lidah (bagian belakang)
·         Papila  fungiformis  (jamur/  martil)    papila pengecap  di  tepi  lidah  (bagian  depan  dan  sisi-sisi lidah)

0 komentar:

Posting Komentar

Apakah Blog ini menarik?